SUKA DUKA MENJADI MINORITAS DI JURUSAN TEKNIK SIPIL



-Part 2-

Hallo readers, lanjut yuuk...

Apa itu tugas besar ? bukan tugas yang gedenya segajah ya readers, tapi tugas yang ada setiap semesternya yang harus diselesaikan sama anak teknik sipil dan akan mendapat surat puas kalau udah selesai, dan surat puas ini penting buat nanti syarat wisuda. Setiap semester tugasnya beda-beda, dan selalu bertambah, misal semester 1 tugas besarnya 2, semester 2 tugas besarnya 3 sampe semester 6 itu tugas besarnya 7, kalo semester 7 tugas besarnya cuman 1, tapi susahnyaaaa kaya ngerjain tugas yang jumlahnya 7. Ngerasain yang namanya asistensi sama kakak tingkat sampek dosen dan ada juga yang udah kerja, asistensi yang kita harus kerumah asdos, asistensi yang mulainya diatas jam 9 malem, bahkan sampek jam 12 malem juga pernah. Yang dikejar-kejar deadline karena harus selesai soalnya kadang surat puas juga harus dibawa waktu ujian akhir. Anak teknik sipil pasti udah akrab banget sama yang kaya gini, cari fotocopy tengah malem, fotocopy bahkan sampe ratusan ribu. Mas- mas fotocopyan juga udah paham kalo sama anak teknik sipil, mereka juga udah hapal sama jilidan tugas besar dengan berbagai macam gaya, hahaaa soalnya kita tugas besar gak cuman tulisan, tapi gambar juga, bahkan pake kertas A3 itu harus dijilid, kebayang dong gedenya. Harus gambar pake pensil dari ukuran 0,2, 0,3, 0,5, 0,7 komplit deh pokonya, gambar dari yang freehand sampe pake penggaris.


Dosen-dosen yang ngajar juga mayoritas laki-laki, tapi ada juga kok dosen perempuan. Emang pas udah masuk teknik sipil, cewek itu jadi cuek banget. Apalagi temennya cowok-cowok, kadang malah dianggep kita itu cowok sama mereka. Sekelas ku isinya sekitar 50 orang, ceweknya 10 sisanya cowok. Hahahahaaa… udah hafal banget jadinya sama sifat-sifat mereka. Cewek di teknik sipil jarang banget ada yang dandan, lipstikan aja boro-boro, beneran cuek bebek. Tapi aku engga sih hehee awal-awal iya tapi pas ketemu temen cewek yang emang dasarnya suka dandan jadi ikutan. Cowok-cowok di teknik sipil itu lengkap dari yang pendek sampek yang tinggi, dari yang kurus sampek yang gemuk, dari yang rambutnya lurus sampek yang keriting, dari yang kulitnya hitam sampek yang putih, dari yang pake baju seenaknya sendiri sampek yang rapih, dan dari yang biasa aja sampek yang ganteng banget. Komplit karena saking banyaknya. Sifat mereka juga beda-beda, ada yang kalo sama cewek itu baik, lembut, sampek yang cengengesan karena nganggep kita kaya anak cowok. Ada yang baik mau ngajarin kalo ada tugas-tugas sampek yang pelit banget juga ada. 


Cuman setelah aku lulus, aku ngerasa apa yang diajarkan kok beda sama keadaan dilapangan ya. Maksudnya dalam dunia kerja. Waktu kuliah jujur aku hanya menerima pelajaran yang bersumber dari buku aja, bukan praktek langsung. Misal diajarkan tentang balok, kolom, beton, tapi hanya sebatas kata, dan tidak pernah diajarkan pengaplikasiaanya langsung. Terus juga ternyata waktu sekarang aku udah lulus saat aku cari kerja rat-rata untuk yang mencari tenaga ku itu diwajibkan bisa menguasai aplikasi anak teknik. Nih ya, waktu kuliah gak pernah sama sekali diajarkan main aplikasi teknik, pernah si cuman 2 aplikasi, Etabs sama Matlab aja, itupun hanya sebatas dasarnya saja, karena keterbatasan waktu. Sedangkan aplikasi teknik itu engga cuman itu aja, justru poin utamanya itu Autocad, tapi selama 4 tahun ngga pernah ada mata kuliah Autocad sama sekali. Ada juga aplikasi SAP, Plaxis, SketchUp, dan masih banyak lagi yang aku sendiri belum pernah mengoprasikannya. Jujur ini sangat merugikan, mereka mengajarkan ilmu yang ada di buku, ilmu yang tertulis tapi tidak tentang dunia kerja, seharusnya kita sebagai mahasiswa teknik sipil diajarkan untuk bagaimana nanti dilapangan, apa yang dikerjakan jika dilapangan, bagaimana mengoprasikan ini dan itu, diajarkan cara berkomunikasi yang baik dengan orang-orang proyek, justru itu yang penting. Karena kita saat bekerja kan tidak mungkin membuka buku.


Oke sekian sepenggal kisah dari aku tentang minoritas di dunia teknik sipil, semoga buat adek-adek yang baru mau masuk dunia teknik sipil udah persiapan dulu ya untuk mencari tahu apa sih teknik sipil itu. Dan semoga untuk almamater ku untuk bisa memperbaiki sistem pembelajarannya agar mahasiswanya tidak hanya di didik menjadi orang yang pandai tapi juga mampu bersaing dalam dunia kerja. Terimakasih^^
 

Komentar