SUKA DUKA MENJADI MINORITAS DI JURUSAN TEKNIK SIPIL


-PART 1-
Hai readers


Kali ini aku mau menceritakan kisah ku sendiri nih tentang kuliah di jurusan yang kebanyakan isinya cowok-cowok. Kalian tau kan Teknik Sipil. Kalo dibenak readers waktu denger jurusan teknik sipil apasih yang terlintas ? apakah susah ? apakah maskulin ? apakah cowok ? hahahaaa.. pasti banyak dari kalian yang mikir kaya gini, apalagi yang masih awam sama teknik sipil. Cerita ini bakalan panjang banget jadi bakal aku jadiin 2 part ya biar gak kepanjangan.


Aku sekarang udah bukan mahasiswa lagi, tepatnya alumni di salah satu perguruan tinggi swasta. Aku masuk kuliah tahun 2015 lulus 2019. Kalo ditanya kenapa masuk teknik sipil, jawabannya karena engga lolos tes negeri yang jurusannya aku pengenin. Jadi dulu waktu SMA kelas 3 kan udan mulai mikirin tuh mau ambil kuliah jurusan apa dan dimana yang pastinya sesuai dengan minat dan bakat. Nah aku sendiri ternyata tipe orang yang gak tau apa minat dan bakat aku sendiri. Jujur aku bukan anak yang aktif organisasi, kerjaanya ya berangkat sekolah, les, belajar, gitu terus. Emang aku sendiri orangnya kurang aktif kalo ikut gitu2 sih tapi it’s okay for me, aku enjoy enjoy aja tuh gak masalah. Mungkin readers ada yang sama kaya aku ?. 


Seberjalannya waktu aku memantapkan kalo aku pengen ngambil jurusan yang tentang gambar-gambar, sebernya aku juga engga jago-jago amat gambar, tapi gimana lagi udah harus menentukan. Sahabat aku ada yang mau ambil bidang kesehatan, ada yang dokter, farmasi, psikolog, ada juga yang ambil perbankan kaya akuntansi. Jujur aku engga tertarik sama dunia kesehatan, perbankan, guru, ekonomi dan sejenisnya. Jadilah aku ambil arsitektur. Waktu itu setau aku arsitektur isinya ya gambar-gambar aja gitu, kaya gambar rumah, gambar gedung, gambar jembatan, pokoknya gambar yang indah-indah lah. Waktu SMA kelas 3 pernah diajarin perspektif kan jadi ada bayangan dikit lah bakal kaya gimana. Tapi ternyata rencana Tuhan beda, yaudah disyukurin aja. Trus singkat cerita harus di swasta dan milih jurusan yang aku fikir mungkin gak jauh beda sama arsitektur, dan ketemulah sama teknik sipil. Jujur aku gak tau awalnya teknik sipil itu apa, bakal ngapain aja, bener-bener gak tau, dan ngga terfikirkan kalau ternyata mayoritas cowok. Kaget iya, udah gitu gak ada temannya lagi.

Dari awal masuk udah takut banget, udah isinya cowok-cowok serem gitu ceweknya dikit banget, gak kenal satupun lagi. Masa ospek anak teknik sipil jujur sangat menyiksa. Berasa lagi latihan militer beneran deh. Ya gak tau ya kalo dikampusku dan sewaktu angkatan ku si gitu gak tau kalo yang lain. Emang si tujuannya buat melatih disiplin tapi caranya yang salah. Semua engga bisa disama ratakan. Dari yang bentak-bentak kenceng banget, bentak-bentak depan muka, bikin jantung hampir copot, dimarah-marahin gak jelas, disuruh-suruh kaya babu*maaf, masih banyak sebenernya tapi udah males buat dinget lagi. Semoga hal kaya gini gak terulang lagi dimanapun. Setelah masuk perkuliahan ternyata yang aku rasakan emang berat, ternyata teknik sipil itu adalah ilmu yang mempelajari semua bangunan yang ada di atas tanah. Kompleks banget ternyata, dan penuh dengan perhitungan, matematika dan fisika yang kuat. Dan ternyatanya lagi teknik sipil beda banget sama arsitektur, makin sedih deh. Tapi yaudah lah ya, harus dijalanin. Pelajaran yang di ajarkan ternyata ada hubungannya sama yang kita lihat, yang kita tempati, yang kita gunakan sehari-hari, bahkan kita gak sadar ternyata hal-hal kecil itu ternyata ada ilmunya dan gak sembarangan. Ilmu yang dipelajari dari rumah, gedung, jembatan, jalan, pelabuhan, bendungan, semua jenis bangunan dipelajari. Kebayang dong gimana pusingnya, tapi engga menjurus cuman sebagian-sebagian aja, karena teknik sipil yang di kampusku untuk umum. Jujur susah banget, setiap semester pasti ada yang namanya tugas besar. Apa itu tugas besar ?
Kita bahas di part berikutnya ya...sampai jumpa^^

Komentar